Penyebab Rambut Lepek dan Cara Mudah Mengatasinya

Rambut lepek memang selalu menjadi masalah yang membuat banyak orang kurang percaya diri. Namun perlu diketahui dalam mengatasi rambut lepek Anda perlu mengetahui teknik serta produk perawatan yang benar-benar tepat. Selain itu Anda perlu mencari tahu faktor penyebab mengapa rambut ada jadi gatal dan lepek. Di bawah ini akan diberikan beberapa penyebab yang membuat rambut Anda jadi lepek serta bagaimana cara mengatasinya.

Apa Penyebab Rambut Lepek?

Sering Terpapar Udara yang Panas

Ketika paparan panas yang dikeluarkan oleh sinar matahari serta suhu membuat gerah sangat mudah untuk rambut kita menjadi lepek seharian bahkan sekalipun di sini Anda habis keramas sekalipun.

Untuk mengatasi rambut lepek seperti itu maka Anda perlu melakukan perlindungan secara menyeluruh untuk rambut dan kulit kepala. sebisa mungkin di sini Anda hindari paparan langsung matahari dengan rambut agar tidak lepek.

Terlalu Sering Keramas

Anda mempunyai rambut yang berminyak sehingga di sini ingin mengurangi lepek dan gatal dengan cara keramas setiap hari. Namun sebenarnya cara tersebut merupakan langkah yang salah untuk dilakukan. Hal itu dikarenakan makin sering Anda di sini keramas maka membuat kulit kepala jadi semakin kering.

Bahkan ketika Anda sering keramas mengakibatkan kelenjar minyak yang diproduksi lebih banyak di kulit kepala. Karena itulah rambut jadi semakin berminyak dan lepek. Keramas memang perlu dilakukan secara rutin namun Anda disarankan jangan terlalu sering.

Ketika Anda ingin melakukan keramas maka lakukanlah paling banyak tiga hingga empat kali dalam seminggu. Dengan begitu nantinya rumput Anda akan lebih mengembang dikarenakan kelenjar minyak yang diproduksi tidak terlalu banyak atau berlebihan.

Pakai Shampo yang Tidak Sesuai

Penyebab lain mengapa rambut menjadi lepek yaitu karena di sini Anda menggunakan produk shampo yang tidak sesuai. Saat Anda memilih produk shampo yang memang kurang sesuai dengan rambut maka hal itu akan menyebabkan ketombe, kerontokan dan lepek.

Selain itu kurang teliti dalam pemilihan produk rambut mengakibatkan residu sampo tersebut menumpuk di bagian kulit kepala. Hal itulah akhirnya yang membuat batang dari rambut jadi lemah dan membuat helaian rambut dekat folikel kurang bervolume dan jatuh.

Tipe rambut yang kering memerlukan shampo yang memiliki kandungan berupa bahan moisturizing. Untuk rambut yang berminyak memerlukan shampo dengan formula yang ringan dan bisa membersihkan minyak yang menumpuk, residu serta kotoran yang ada di kulit kepala.

Menyisir Rambut yang Salah

Seringkali ketika menyisir rambut hal itu akan mengakibatkan masalah rambut yang lepek. Saat di sini Anda jarang sekali mencuci sisir yang digunakan, hal itu menjadikan kotoran mudah berpindah dari sisir ke rambut. Maka dari itulah, pastikan Anda selalu rutin membersihkan sisir. Setidaknya sisir dicuci satu hingga dua kali dalam seminggu.

Salah Menggunakan Conditioner

Teknik yang salah di dalam menggunakan conditioner hal itu hanya akan membuat rambut Anda di bagian pangkal makin lepek. Penting bagi Anda untuk memperhatikan bagaimana cara mengoleskan conditioner yang benar-benar tepat di bagian pertengahan rambut bahkan hingga ke ujung helai dengan merata.

Hindari untuk menggunakan conditioner di bagian dasar kulit kepala. Ketika kondisi rambut Anda masih basah maka di bagian kutikula tersebut terbuka. Inilah saat yang benar-benar pas untuk menambahkan nutrisi bagi rambut.

Pastikan Anda menerapkannya menggunakan teknik yang tepat, mulailah dengan cara mengoleskan konditionet tersebut di area tengah rambut secara merata sehabis Anda keramas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Lifestyle

Cara Membedakan Kaos Hurley Original Dan KW

Mengenakan kaos yang benar-benar memiliki  brand yang terkenal bagus dan original menjadi salah satu hal yang membuat munculnya rasa bangga pada diri seseorang. Akan tetapi, kian tersohor suatu merk maka akan kian banyak pula barang tiruannya. Oleh sebab itu, perlu kehati-hatian terhadap membeli produk kaos bermerk.  Karena hal itu mesti dilakukan agar anda tak mengalami […]

Read More
Lifestyle

Kategori Anak yang Membutuhkan Donasi Perlindungan Anak

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai donasi perlindungan anak, ada satu hal lagi yang perlu Anda ketahui sebagai pemberi bantuan. Yaitu, kategori anak yang sangat membutuhkan bantuan-bantuan tersebut. Dimana kategori tersebut antara lain:   1. Anak Berkebutuhan Khusus Ada banyak anak yang berkebutuhan khusus tapi tidak memiliki biaya untuk sekedar berobat atau menjalani kehidupannya agar bisa […]

Read More
Lifestyle

Ketahui Pentingnya Memperhatikan Menu MPASI 6 Bulan

Supaya buah hati Anda  nantinya bisa mencapai perkembangan dan pertumbuhan yang benar-benar optimal maka mereka memerlukan asupan makanan yang memiliki gizi seimbang. Dalam jangka panjang manfaat dari asupan makanan yang memiliki gizi seimbang tersebut yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup serta kelangsungan kehidupannya. Apa Pentingnya Memperhatikan Menu MPASI 6 Bulan? Pastinya dalam upaya pemberian makanan untuk […]

Read More