Mahfud MD Beri Selamat atas Deklarasi Partai Ummat: Kita Perlu Parpol Sehat bagi Demokrasi

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD ikut memberi selamat atas deklarasi pendirian Partai Ummat. Partai bentukan Amien Rais itu resmi dideklarasikan secara nasional pada Kamis (29/4/2021) melalui tayangan YouTube Amien Rais Official. Sementara, menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi, didapuk menjadi Ketua Umum Partai Ummat.

Melalui akun Twitter pribadi nya, @mohmahfudmd, Mahfud pun ikut memberi selamat. "Mengucapkan SELAMAT atas didirikannya Partai Ummat," kata Mahfud pada Sabtu (1/5/2021). Menurut Mahfud, Partai Ummat bisa menjadi harapan bagi perkembangan demokrasi di Indonesia.

Mahfud juga menaruh harapan agar Partai Ummat jadi partai politik yang sehat. "Semoga bisa menjadi darah segar bagi perkembangan demokrasi di Indonesia. Kita perlu parpol parpol yang sehat untuk menegakkan negara demokrasi konstitusional," kata Mahfud.

Seperti diketahui, Partai Ummat resmi dideklarasikan Amien Rais dan rekan rekannya pada Kamis (29/4/2021) di Yogyakarta. Acara deklarasi Partai Ummat juga disiarkan secara virtual melalui akun Youtube Amien Rais Official. "Saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di persada bumi pertiwi Indonesia yang kita cintai bersama," kata Amien Rais dalam acara deklarasi Partai Ummat.

Dalam tayangan tersebut, Amien Rais juga berharap Partai bentukannya ini bisa berjuang dalam menegakkan keadilan. "Kami Partai Ummat bersama anak bangsa lainnya InsyaAllah akan bekerja, berjuang, dan berkorban apa saja untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," tambahnya. Lebih lanjut, Amien Rais mengemban jabatan sebagai Ketua Majelis Syuro dalam kepengurusan Partai Ummat.

Kemudian, sejumlah tokoh yang sebelumnya dikenal sebagai kader PAN, ikut masuk dalam kepengurusan Partai Ummat. Dua di antara tokoh tersebut yakni Sugeng dan Buhari Kahar Muzakkar. Tokoh dari Jawa Timur, Sugeng mendapat posisi Wakil Ketua Umum II DPP Partai Ummat.

Selama ini, Sugeng dikenal sebagai orang dekat Amien Rais. Dia merupakan mantan petinggi PAN di Jawa Timur. Posisi terakhir yang ia emban sebelum akhirnya keluar dari PAN adalah Ketua Majelis Pertimbangan Partai PAN Jawa Timur.

Setelah memutuskan keluar dari PAN, Sugeng juga termasuk tokoh yang turut menyiapkan Partai Ummat di Jawa Timur. Dia menjadi Ketua Tim Persiapan Pendirian Partai Ummat Jatim. Sugeng keliling ke berbagai daerah di Jatim untuk melakukan konsolidasi.

Saat ini, Sugeng mendapatkan tugas untuk terus membesarkan Partai. Dia memegang beberapa daerah, termasuk untuk wilayah Jawa. Awalnya, Sugeng mengaku bukan tujuannya untuk menjadi pengurus apalagi hingga tingkat pusat.

Namun, lantaran kepercayaan yang diberikan akhirnya membuat dia menerima untuk masuk di jajaran DPP. "Kami terus konsolidasi, ini deklarasi setelah itu ngurus ke Kementerian." "Kita tinggal nyusun administrasinya. Mungkin saya keliling untuk membantu teman teman di bawah di provinsi lain untuk penyiapan administrasi," ujarnya, dikutip dari , Kamis (29/4/2021).

Mantan Sekretaris DPW PAN Sulawesi Selatan, Buhari Kahar Muzakkar, kini menjadi lokomotif Partai Ummat Sulawesi Selatan. Buhari Kahar Muzakkar ditunjuk menempati posisi Majelis Pertimbangan Wilayah Partai Umat Sulsel. Ketua Umum Kerukunan Keluarga Luwu Raya itu mengaku bergabung dengan Partai Ummat atas ajakan langsung dari Amien Rais.

Bahkan, Buhari mengaku sempat ditawari menjabat Ketua wilayah Partai Ummat Sulawesi Selatan. Namun, Buhari justru memilih menjabat Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah. "Terus terang saja dari awal saya yang diinginkan Pak Amien Rais jadi ketua wilayah di Sulsel, tapi saya bilang saya tidak usah," ujarnya, dikutip dari , Kamis (29/4/2021).

Ia juga belum bisa memastikan apakah akan ikut bertarung kembali dalam pemilihan legislatif 2024 mendatang. "Saya sebenarnya sudah ingin pasif dari politik, tapi begitu partai ummat ini dibentuk, saya dihubungi dari orang Pak Amien. Bisa saja saya tidak caleg, bisa saja ya," jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Nasional

Bareskrim Polri Koordinasi dengan MA terkait Rencana Pemindahan Napoleon Bonaparte ke Lapas Cipinang

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri mengusulkan agar terdakwa kasus penerimaan suap pengurusan red notice Djoko Tjandra, Irjen Napoleon Bonaparte dipindahkan dari Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang. Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto mengatakan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Mahkamah Agung (MA) terkait rencana pemindahan itu. Koordinasi dilakukan lantaran Napoleon merupakan tahanan MA […]

Read More
Nasional

SBY Cerita Masa Lalu, Pasang Surut Damaikan Konflik dengan GAM di Aceh

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bercerita pengalamannya menciptakan perdamaian di Aceh. Selama tiga empat tahun, SBY rajin mondar mandir berkunjung ke Aceh untuk mengatasi konflik yang terjadi. Itu dilakukan sebelum dirinya menjadi Presiden. "Saya sebagai pelaku sejarah seluruh kabupaten/kota sudah kami datangi, bertemu para Abu (ulama), tokoh masyarakat, semua pihak. Bahkan berkomunikasi dengan pihak GAM […]

Read More
Nasional

Basarah dan Zulhas Sebut Sabam Referensi dan Mentor Politik

Anggota MPR RI paling senior, Sabam Sirait merupakan sumber referensi perjuangan politik dan menjadi salah satu tokoh nasional yang kiprahnya dapat dirasakan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama dalam pembangunan demokrasi di Indonesia. Demikian disampaikan Wakil Ketua MPR yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basarah saat melayat Sabam Sirait di rumah duka di Jalan […]

Read More