Ketum PBSI Berharap Masalah dengan WADA Ini Segera Diselesaikan

Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna berharap agar pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) segera menuntaskan polemik sanksi Badan Anti Doping Dunia (WADA). "Saya tidak ingin menyalahkan siapapun. Tapi saya berharap, boleh dong berharap? Agar masalah ini segera diselesaikan," kata Agung di BPK RI, Kamis (21/10/2021). "Sehingga bisa betul betul menerima manfaat dari kegiatan olahraga ini," imbuh dia.

Diketahui WADA memberlakukan sanksi kepada Indonesia pada 7 Oktober 2021 lalu, akibat ketidakpatuhan LADI dalam menerapkan program pengujian doping pada para atlet Tanah Air secara efektif. Akibat ketidakpatuhan terhadap aturan WADA, Indonesia dilarang mengikuti kompetisi di tingkat regional, kontinental, dan internasional. Indonesia juga tidak diperbolehkan menyelenggarakan kompetisi olahraga di tingkat regional, kontinental, dan internasional.

Selain itu, tidak ada lagu "Indonesia Raya" dan bendera merah putih ketika tim Indonesia memenangkan kejuaraan. Tiadanya bendera merah putih di momen Tim Bulutangkis Indonesia menjuarai Piala Thomas di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10), merupakan wujud pertama berlakunya sanksi WADA. "Saya dengar ajang balap di Mandalika juga kena. Mereka tidak boleh mengibarkan bendera merah putih dan lagu nasional tidak boleh diputar. Kalau kita lagu sudah boleh, karena itu suasananya lain," ujar Agung.

Menurut Agung, pemerintah harus bergerak cepat mengatasi sanksi WADA. Itu dikarenakan sejumlah kejuaraan di berbagai cabang olahraga (cabor) akan diselenggarakan di Indonesia. Sementara tim bulutangkis Indonesia, telah diperbolehkan mengikuti kejuaraan bulutangkis tingkat dunia. Semua itu berkat lobi yang dilakukan PBSI kepada WADA.

"Sanksi yang pertama berhasil kita atasi, untuk kita tetap boleh bertanding di kompetisi internasional. Kita mendesak karena ada tiga pertandingan internasional lagi, ada Denmark Open, Perancis Open, dan Belgia Open. Jadi kita harus ikut di situ," ujar Agung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sport

Link Live Streaming Final Bulutangkis Greysia/Apriyani Vs Chen/Jia, Tanding Mulai Pukul 11.00 WIB

Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan menghadapi wakil China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan pada final ganda putri Olimpiade Tokyo 2020, Senin (2/8/2021). Akses link live streaming final ganda putri bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii/Apriyani Rahayu Vs Chen Qing Chen/Jia Yi Fan pada artikel berikut. Pasangan Greysia/Apriyani ke final ganda putri Olimpiade Tokyo 2020 setelah menyingkirkan […]

Read More
Sport

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon Kalah Mengejutkan, Herry IP: Mereka Tegang & Pola Permainan Tak Normal

Pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi mengaku terkejut dengan kekalahan anak asuhnya Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Pasangan yang kerap dijuluki The Minions ini harus terhenti di Perempat Final Olimpiade Tokyo 2201 cabang olahraga bulutangkis. The Minions kalah diluar dugaan dari Aaron Chia/Soh Wooi Yik asal Malaysia melalui straight game, 14 21, 17 21, […]

Read More
Sport

Rakernas National Paralympic Committee of Indonesia: 16 Provinsi Belum Dapat Fasilitas Untuk Atlet

Organisasi National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) menggelar rapat kerja nasional (Rakernas), Selasa malam (15/6/2021) hingga NPCI Kamis (17/6/2021) di Lorin Dwangsa Hotel, Solo. Rakernas dibuka langsung Ketua Umum NPCI, Senny Marbun didampingi Wasekjen NPCI, Ketua Harian PB Peparnas dan Sekretaris Umum PB Peparnas. Rakernas tersebut juga dihadiri secara langsung oleh Ketua NPCI Provinsi se […]

Read More