Inilah Tingkatan Pelatihan Satpam sesuai Jenjang Posisinya

Seperti apa tingkatan satpam (satuan pengamanan) di Indonesia? Sebagai salah satu bagian security service Indonesia, satpam memiliki peran penting untuk pengamanan suatu bangunan. Maka dari itu, setiap satpam perlu mendapat pelatihan khusus dari security service Indonesia SECOM supaya kinerjanya profesional.

Sama halnya dengan polisi dan tentara, satpam juga memiliki tingkatannya sendiri-sendiri. Hingga sekarang pun masih banyak yang belum memahami seperti apa tingkatan yang ada pada satuan pengamanan ini. Maka dari itu, artikel ini akan berusaha menjelaskan jenjang-jenjang satpam kepada Anda.

Tingkatan Pelatihan Satpam sesuai Jenjang Posisinya

Jika berbicara mengenai tingkatan satuan pengamanan, maka biasanya akan merujuk pada level pendidikan dan pelatihannya. Agar dapat menjadi seseorang yang profesional di bidang pengamanan, tentu saja satpam akan memperoleh berbagai pendidikan dan pelatihan yang sesuai tingkatannya.

Apalagi, setiap jenjang posisi satpam memiliki level pendidikan dan pelatihan yang berbeda. Adapun tingkatan pelatihan berdasarkan jenjang posisi satuan pengamanan tersebut yakni:

1. Gada Pratama

Ini merupakan sebuah pelatihan dasar dan sangat wajib untuk setiap calon anggota satpam. Adapun waktu pelatihannya berlangsung kurang lebih empat minggu serta ada sekitar 232 JP (jam pelajaran).

Hal tersebut sesuai dengan hukum yang tercantum pada Peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2007. Lalu pelatihan apa yang didapatkan?

Calon anggota satpam akan memperoleh pelatihan seputar etika profesi, interpersonal skill, fungsi, tugas pokok, maupun peranan satpam. Bahkan mereka juga memperoleh pelatihan terkait kemampuan kepolisian meskipun sifatnya terbatas.

Selain itu, ada juga bentuk pelatihan lainnya yaitu bela diri, pengenalan terhadap bahan peledak, dan masih banyak lainnya.

2. Gada Madya

Tingkatan pendidikan satpam berikutnya adalah Gada Madya (Penyelia). Ini merupakan sebuah pelatihan lanjutan untuk anggota satpam yang berhasil lolos dari seleksi sebelumnya (Gada Pratama). Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk pelatihan ini?

Adapun untuk waktunya sendiri kurang lebih 4 minggu serta total JP-nya sebanyak 160. Tentu beban JP-nya cenderung lebih singkat dari Gada Pratama. Sebagai tambahan, bahwa pelatihan Gada Madya ini biasanya untuk tingkat satpam supervisor.

3. Gada Utama

Berikutnya merupakan tingkatan pelatihan satuan pengamanan yang mana pesertanya sendiri merupakan seorang pimpinan dengan jabatan seperti chief security officer maupun security manager. Pada tingkatan ini, satpam akan memperoleh pelatihan sebanyak 100 JP.

Siapa Penyelenggara Pelatihan Satuan Pengamanan?

Berdasarkan keterangan pada Perpol Nomor 4 tahun 2020 pasal 21 ayat 2 bahwa pelatihan ini diselenggarakan oleh Polri. Selain itu, hanya perusahaan yang mempunyai izin operasional dari Kepala Polri lah yang boleh mengadakan latihan keamanan, pelatihan dasar, serta pelatihan lanjutan.

Tujuan Mengikuti Pelatihan Satpam

Lalu seperti apa tujuan di dalam mengikuti tingkatan pelatihan satpam tersebut? Melalui pelatihan ini diharapkan nanti akan lahir satuan pengamanan yang mempunyai sikap, mental, fisik, serta kepribadian yang mumpuni.

Selain itu, melalui pelatihan tersebut diharapkan anggota satuan pengamanan tersebut mampu menjalankan tugasnya sesuai di lingkungan kerja.

Sudah Paham tentang Tingkatan Pendidikan Satpam?

Sekian pembahasan terkait tingkatan satpam atau satuan pengamanan. Kesimpulannya, ternyata anggota satuan pengamanan yang Anda ketahui selama ini memiliki beberapa tingkatan pelatihan dan pendidikan tertentu. Setiap tingkatan tersebut mempunyai waktu dan jumlah JP-nya masing-masing.

Agar bisa menjadi satpam yang bisa diandalkan, silakan pilih tempat pelatihan yang menghadirkan sistem training dan courses yang lengkap dan mencakup semua aspek pengamanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lifestyle

Mau Tahu Manfaat dan Fungsi Manajemen Waktu? Temukan Jawabannya Disini!

Ketika menjalani aktivitas sehari-hari, kita perlu memperhatikan manajemen waktu agar semua pekerjaan bisa diselesaikan tepat pada waktunya. Hal ini juga dapat memberikan dampak lain, seperti produktivitas jadi meningkat. Beda halnya jika tidak ada pengaturan waktu yang baik, maka bisa jadi pekerjaan akan terbengkalai dan bingung menentukan prioritas pekerjaan. Termasuk untuk anak kuliah manajemen bisnis, time […]

Read More
Lifestyle

Cara Membedakan Kaos Hurley Original Dan KW

Mengenakan kaos yang benar-benar memiliki  brand yang terkenal bagus dan original menjadi salah satu hal yang membuat munculnya rasa bangga pada diri seseorang. Akan tetapi, kian tersohor suatu merk maka akan kian banyak pula barang tiruannya. Oleh sebab itu, perlu kehati-hatian terhadap membeli produk kaos bermerk.  Karena hal itu mesti dilakukan agar anda tak mengalami […]

Read More
Lifestyle

Penyebab Rambut Lepek dan Cara Mudah Mengatasinya

Rambut lepek memang selalu menjadi masalah yang membuat banyak orang kurang percaya diri. Namun perlu diketahui dalam mengatasi rambut lepek Anda perlu mengetahui teknik serta produk perawatan yang benar-benar tepat. Selain itu Anda perlu mencari tahu faktor penyebab mengapa rambut ada jadi gatal dan lepek. Di bawah ini akan diberikan beberapa penyebab yang membuat rambut […]

Read More