Ada Apa Saja di Sekitar Alun-Alun Bandung? Ini Daftar Lengkapnya

Popularitas Kota Bandung sebagai tempat wisata favorit terus meningkat sampai saat ini. Apalagi dengan banyaknya tempat wisata baru yang membuat banyak orang penasaran untuk datang ke kota ini. Selain yang baru, tempat wisata lama juga ternyata masih banyak pilihan, bahkan ada banyak orang yang sudah berkali-kali datang ke Bandung hanya untuk pergi ke tempat wisata tersebut. Salah satu tempat wisata yang sudah sejak lama terkenal dan populer baik masyarakat lokal dan luar kota tentunya Alun-Alun Bandung.

Alun-alun yang satu ini letaknya ada di perkotaan sehingga selalu ramai dengan orang-orang yang beraktivitas dan juga liburan. Ada banyak juga pengunjung yang berlibur tidak hanya mengunjungi alun-alun saja tetapi berkeliling ke beberapa tempat sekitar alun-alun. Apalagi di sekitar area tersebut juga ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi mulai dari tempat ibadah dan juga gedung yang memiliki sejarah di masa lalu, penasaran apa saja? ini daftar lengkapnya.

 

Masjid Raya Bandung

Tidak jauh dari alun-alun terdapat sebuah tempat ibadah Umat Muslim yaitu Masjid Raya Bandung yang bisa terlihat langsung ketika sedang berada di area lapang yang cukup luas. Masjid ini sudah berdiri sangat lama yaitu dari tahun 1810 dan masih ada sampai sekarang. Tempat ibadah ini juga sudah beberapa kali mengalami perombakan atau renovasi hingga diresmikan secara langsung tanggal 4 Juni 2003 oleh Gubernur yang menjabat kala itu.

Hal yang menjadi daya tarik dari masjid ini adalah terdapat dua menara yang tingginya sekitar 81 meter di area kanan dan juga kiri. Menara ini bisa didatangi pengunjung saat akhir pekan tepatnya hari Sabtu dan Minggu agar bisa naik ke atas menara ini dan menikmati Kota Bandung dari ketinggian.

 

Gedung Merdeka

Selanjutnya ada Gedung Merdeka yang termasuk dalam satu satu gedung yang memiliki nilai sejarah di masa lampau yang jaraknya tidak jauh dari alun-alun bahkan bisa diakses dengan berjalan kaki. Gedung satu ini didirikan tahun 1895 yang dulunya difungsikan sebagai warung kopi dan menjadi tempat untuk berkumpul para saudagar dari Belanda. Selanjutnya terjadi pemugaran pada tempat ini dari tahun 1920 hingga 1928 kemudian diberi nama Concordia yang berfungsi sebagai tempat hiburan. Setelah Indonesia merdekat, Presiden Soekarno mengubah nama gedung ini yang tadinya Concordia menjadi Gedung Merdeka.

Selain kedua tempat diatas, sebenarnya masih ada lagi beberapa tempat lainnya mulai dari Gedung De Majest, Hotel Savoy Homann, dan yang lainnya. Bagi yang tinggal di Bekasi dan ingin berkeliling di sekitar alun-alun, tentu bisa cek harga tiketnya sekarang lewat aplikasi Pegipegi. Ada banyak pilihan kendaraan bus dan juga harga yang terjangkau untuk pergi ke Bandung. Bagi yang ingin cari tahu tentang tiket bus Bekasi Bandung yang tersedia maka bisa cek saja di aplikasi Pegipegi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Travel

Bagaimana Memilih Penyedia Jasa Sewa Bus Bandung yang Tepat?

Salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat Anda lakukan untuk mengisi waktu luang Anda adalah berwisata dengan keluarga maupun teman Anda. Saat berwisata dengan banyak orang, Anda membutuhkan sebuah kendaraan besar. Salah satu contohnya adalah bus. Bila Anda berlokasi di Bandung, sebelum memutuskan menyewa bus, Anda harus tau ciri bus bandung berkualitas dan ciri sewa bus […]

Read More